Minyak Esensial Rosewood – Kegunaan untuk Manfaat Rambut & Kulit, Properti & Kesehatan

Minyak esensial Rosewood tetap menjadi pokok dalam aromaterapi selama beberapa dekade. Ini adalah salah satu minyak esensial yang paling serbaguna karena digunakan untuk berbagai kondisi kulit juga untuk menenangkan pikiran, membersihkan backlog dalam pikiran kita dan menurunkan kecemasan. Ada saat ketika permintaan besar akan minyak rosewood menyebabkan pemotongan pohon kayu pohon yang tidak pandang bulu, yang terutama ditemukan di hutan hujan. Ini telah berkontribusi pada deforestasi dan degradasi hutan di negara-negara seperti Brasil, di mana produksi minyak rosewood tetap menjadi sumber utama pendapatan. Untungnya, dengan penekanan pada penggunaan sumber daya alam yang berkelanjutan, situasi di tanah semakin membaik.

Sumber

Minyak atsiri rosewood dihasilkan dari distilasi uap kayu Aniba rosaeodora pohon. Di Brasil, itu dikenal sebagai pau-rosa minyak. Nama lain yang menonjol untuk minyak esensial rosewood diberikan oleh orang Prancis sebagai Huile Essentielle (Minyak esensial )Bois-de-Rose. Meskipun kayu pohon ini menyerupai rosewood, itu bukan pohon dominan yang menghasilkan kayu pohon. Pohon-pohon dari genus Dalbergia, seperti Dalbergia latifolia (Rosewood India) dan Dalbergia nigra (Rosewood Brasil) adalah pohon yang lebih sering digunakan untuk mendapatkan rosewood untuk keperluan furnitur.

Karena, Aniba dan Dalbergia adalah dua genus yang berbeda, mereka memiliki perbedaan tertentu dalam senyawa aromatik, yang diterjemahkan menjadi minyak esensial yang berbeda. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang minyak atsiri Aniba rosaeodora. Pohon ini ditemukan secara alami di hutan hujan di lembah sungai Amazon, yang merupakan bioma yang luas. Ini adalah pohon besar, berdiameter 2 meter dan sering mencapai ketinggian hingga 30 meter, yang sangat kuat. Ini menanggung daun hijau sepanjang tahun (jadi itu hijau sepanjang tahun) dan itu adalah titik pertemuan untuk burung toucan yang cantik. Jika Anda belum melihat gambar toucan, Anda benar-benar perlu melihatnya karena itu sangat indah.

Kembali ke minyak atsiri, diproduksi di distilleries yang diperbaiki pada kapal dan kapal uap di Amazon. Yang menakjubkan adalah kayu pohon ini mengapung, yang membuatnya mudah untuk diangkut dengan murah melalui jaringan padat anak sungai sampai ke pabrik penyulingan bergerak.

Beberapa dekade yang lalu, sebagian besar minyak esensial diekstraksi dari kayu pohon. Untuk tujuan ini, seluruh pohon dipotong. Ini tidak hanya membunuh pohon, tetapi juga menghancurkan seluruh jaring makanan dan ekosistem yang bergantung pada pohon, yang bukan praktik yang baik dengan cara apa pun. Sekarang, banyak eksploitasi dilakukan secara berkelanjutan ketika daun digunakan untuk mengambil minyak esensial. Jadi, sebenarnya, kita sekarang memiliki dua jenis yang berbeda SEBUAHniba rosaeodora minyak esensial, satu dari kayu dan satu lagi dari daun.

Warna dan Aroma

Minyak rosewood klasik transparan, jernih dengan warna kehijauan. Pada meniskus, nada kehijauan cukup jelas. Aromanya, di sisi lain, adalah campuran dari banyak catatan dasar yang berbeda. Aromanya terutama berkayu dan bersahaja, dengan sedikit aroma lavender seperti aroma bunga. Itu sebenarnya karena memiliki banyak linalool di dalamnya, yang merupakan senyawa utama dalam minyak lavender. Aromanya lembut, tidak terlalu tajam tapi memikat. Namun, aroma kemerahan terlihat lebih khas dalam minyak dari pohon-pohon genus Dalbergia, tetap setia pada nama rosewood mereka. [1] Kebanyakan parfum yang ingin mendapatkan aroma berkayu dengan sedikit bunga mawar digunakan untuk rosewood Brasil Aniba rosaeodora.

Di dunia wewangian, minyak rosewood dan minyak kayu lainnya (seperti minyak esensial sequoia) digunakan sebagai catatan dasar, karena mereka menyediakan minyak esensial yang menguap perlahan dan dengan demikian bertahan lama di atmosfer. Inilah yang membuat mereka sangat berguna dalam mengembangkan wewangian.

Properties

Aromatherapists telah mencatat bahwa minyak esensial rosewood adalah pengangkat relaksasi, mood, anti-depressant dan obat penenang. Ini memiliki efek menenangkan pada kecemasan dan efek rasa tenang. Itu juga diyakini sebagai afrodisiak dan dengan demikian bermanfaat untuk libido dan kepercayaan diri. Ini juga memiliki banyak properti yang membuatnya berguna dalam perawatan kulit umum dan khusus, seperti untuk jerawat. Banyak dari sifat-sifat ini telah dicatat dalam jurnal yang diulas sejawat juga.

  • Anti-inflamasi [2]
  • Regeneratif Kulit [2]
  • Dekongestan [2]
  • Obat penenang – Ini mengurangi rangsangan saraf dan membantu dalam mencapai tidur nyenyak. Efek ini mungkin karena linalool. [3]
  • Bradycardic, Vasodilatory dan Hypotensive – Minyak Rosewood, terutama yang kaya linalool telah dicatat untuk menciptakan vasodilatasi. Mereka memperlebar pembuluh darah kita dan memungkinkan darah mengalir pada tekanan yang lebih rendah. Ini bisa mengurangi tekanan darah, yang disebut efek hipotensi. Ini juga dapat memiliki efek bradikard, yaitu, dapat menurunkan detak jantung saat istirahat. Denyut nadi yang berkurang mungkin juga memiliki efek mengurangi kecemasan. [4]
  • Anti-Kanker – Ini telah menunjukkan kemanjuran dalam mencegah kanker kulit. [5]

Ini juga mungkin memiliki beberapa efek pada sistem saraf pusat dan properti antikonvulsan karena tingginya jumlah linalool di dalamnya.

Kegunaan dan Manfaat Kesehatan

Minyak esensial Rosewood untuk kulit

Ini sangat berguna karena sifat regeneratif dan regeneratif kulitnya. Dapat digunakan untuk mengatasi jerawat karena mengurangi peradangan. Tambahkan sekitar 3-5 tetes minyak esensial rosewood ke sekitar 1 oz minyak jojoba. Jojoba adalah non-comedogenic dan dengan demikian cocok di sini sebagai minyak pembawa. Kocok campuran dengan benar. Sekarang, setelah mencuci wajah dengan mencuci wajah yang tepat (biasanya mencuci wajah berbasis asam salisilat yang diresepkan untuk berbagai jenis jerawat), bersihkan wajah kering. Kemudian, rendam bola kapas dalam minyak ini dan gunakan dengan lembut pada seluruh wajah. Jojoba memungkinkan penetrasi phytonutrisi dengan mudah dari minyak rosewood ke kulit, di mana ia memulai tugas untuk meminimalkan peradangan. Minyak jojoba membantu memodulasi produksi sebum kulit kita. Jumlah ideal sebum sangat diinginkan, karena memberikan kulit yang bersinar dan lembab tanpa tampilan berminyak pada wajah. Ini juga dapat membantu mengurangi rasa sakit dan kemerahan jerawat. Namun, jerawat adalah masalah multidimensional. Jadi, kita juga harus fokus pada diet yang lebih bersih, lebih sehat dan menghindari polusi udara.

Minyak esensial rosewood berguna untuk luka ringan dan goresan. Ini adalah antiseptik dan meningkatkan regenerasi kulit. Efek anti-peradangannya mungkin memiliki efek menguntungkan pada kondisi seperti psoriasis, tetapi ada sedikit bukti yang digunakan untuk psoriasis. Minyak esensial cendana tampaknya meringankan psoriasis sampai batas tertentu dengan mengurangi keparahan lesi.

Aromaterapi

Cara terbaik untuk menggunakan minyak esensial kayu adalah dengan menyebarkannya menggunakan diffuser. Tambahkan sekitar setengah cangkir air dan tuangkan hanya 4-5 tetes minyak esensial rosewood. Tutupi diffuser dengan tutup yang diperlukan dan simpan di tempat seperti itu sehingga sirkulasi udara alami akan mengendarainya di sekitar rumah. Ventilasi penting, terutama untuk minyak yang kaya linalool karena jika konsentrasi linalool menjadi tinggi, itu mungkin menurunkan tekanan darah dan detak jantung ke tingkat yang sangat rendah.

Setelah tindakan pencegahan yang tepat diambil, ternyata menjadi aroma menyegarkan yang membantu mengurangi kecemasan dan depresi. Ini bagus untuk meningkatkan kepercayaan diri dan harus digunakan ketika seseorang merasa gelisah dan bingung. Sangat baik untuk mencium beberapa jam sebelum tidur untuk orang-orang yang mengalami insomnia. Linalool telah dicatat untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas tidur, lebih pada wanita paruh baya (kelompok usia 45 hingga 55 tahun). [6]

Ini menyatu dengan minyak esensial dari keluarga jeruk, seperti lemon dan lain-lain seperti minyak nilam dan minyak mawar. Bahkan, itu digunakan untuk menambahkan karakter berkayu untuk karangan bunga, meningkatkan aroma komposit dari karangan bunga.

Informasi Gizi dan Obat

Minyak esensial rosewood memiliki tanda kimia yang mirip dengan beberapa pohon evergeen lainnya di hutan hujan Amazon. Ini adalah minyak esensial yang sangat kaya linalool yang di masa lalu, linalool digunakan untuk diekstrak Aniba Roseodora minyak. Linalool adalah minyak esensial aplikasi besar dalam wewangian dan aromaterapi. Terlepas dari linalool, SEBUAHniba rosaeodora Minyak memang memiliki sejumlah senyawa volatil dalam jumlah kecil, yang terdiri dari aroma uniknya.

Senyawa mudah menguap Persentase
Linalool 50%
? -selinene 4,06%
? -selinene 4,35%
spathulenol 4,46%

Sumber: 7

Komposisi di atas adalah untuk minyak esensial yang diperoleh dari daun. Ini berwarna hijau cemerlang. Namun beberapa sumber mengacu pada isi linalool setinggi sekitar 85% dalam minyak esensial daun. [8] Semakin kuat kandungan linalool, semakin kuat efek kecemasan dari minyak esensial. Selain linalool, banyak senyawa yang dibentuk oleh oksidasi linalool juga ada, yang mungkin merupakan tanda berkurangnya kesegaran minyak.

Efek Samping dan Toksisitas

Minyak rosewood bisa menjadi iritasi pada kulit, terutama jika digunakan secara teratur. Beberapa orang mungkin mengembangkan mata kemerahan jika minyak sering digunakan. Sebelum menggunakannya pada wajah, seseorang harus selalu melakukan tes tempel di tangan. Itu tidak boleh digunakan murni. Seseorang seharusnya tidak menghirupnya dalam-dalam. Penghirupan kuat dari minyak atsiri terkonsentrasi yang mengandung linalool tingkat tinggi seperti itu dapat menyebabkan efek merugikan seperti denyut nadi rendah yang berbahaya dan tekanan darah yang sangat rendah. Orang dengan masalah kesehatan yang serius harus selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum pergi ke aromaterapi karena senyawa kimia dari minyak esensial memiliki dampak yang kuat pada tubuh. Ini harus digunakan di ruangan yang berventilasi baik, bukan ruangan tertutup. Ini adalah tindakan pencegahan yang paling penting. [9]

Panduan Membeli

Ada beberapa penjual yang tidak bermoral yang mungkin mencoba menjual minyak atsiri Aniba parviflora sebagai minyak rosewood. Aniba parviflora memiliki lebih sedikit linalool daripada Aniba rosaeodora dan tanda-tanda kimia juga sangat berbeda. Minyak esensial rosewood harus dibeli dari perusahaan hijau, yang memiliki sertifikat resmi yang membuktikan bahwa eksploitasi kayu rosewood dilakukan secara berkelanjutan dan itu benar-benar berkontribusi terhadap penghijauan bumi kita.

Minyak relatif rapuh mengingat minyak esensial lainnya. Ini harus disimpan dalam botol berwarna kuning, jauh dari sinar matahari, panas dan bahan makanan. Minyak atsiri paling baik dipertahankan pada suhu mendekati 4 derajat celcius. Umur rak umumnya 12 bulan ketika disimpan pada suhu yang tepat.

Referensi

  1. Rosewood Brasil – Fragrantica.com
  2. Minyak Esensial Komersial sebagai Potensi Antimikroba untuk Mengobati Penyakit Kulit. Ane Orchard dan Sandy van Vuuren. Obat Komplementer dan Alternatif Berbasis Bukti. 2017.
  3. Minyak rosewood menginduksi sedasi dan menghambat potensial aksi majemuk pada hewan pengerat. De Almeida RN et al, Jurnal Etnofarmakologi.
  4. Minyak rosewood Linalool yang kaya menginduksi vago-vagal bradycardic dan refleks depressor pada tikus. De Sequiera RJ dkk, Penelitian Phytotherapy.
  5. Sitotoksisitas selektif dari Aniba rosaeodora minyak esensial menuju sel-sel kanker epidermoid melalui induksi apoptosis. Souer J. et al, Penelitian Mutasi.
  6. Pengaruh Aromaterapi Lavender pada Sistem Saraf Otonom pada Wanita Baya dengan Insomnia. Li-Wei Chien dkk, Obat Komplementer dan Pengobatan Alternatif Berbasis Bukti.
  7. Kimia Variabilitas minyak Aniba rosaeodora, Maria das Gracas Bichara Zoghbi et al. GJSFR.
  8. Sumber tanaman minyak rosewood Amazon. José Guilherme S. Maia dkk, Quimica Nova.
  9. MSDS minyak esensial Rosewood, Naturalsourcing.com

Sumber artikel: https://oilhealthbenefits.com/rosewood-essential-oil/

Lainnya     , , , , , , , , , ,

Artikel Terkait "Minyak Esensial Rosewood – Kegunaan untuk Manfaat Rambut & Kulit, Properti & Kesehatan"


Minyak Mentega – Manfaat Kesehatan, Kegunaan, Sifat & Fakta Nutrisi
Minyak mentega adalah produk berminyak yang diperoleh dari mentega. Ini juga dikenal sebagai mentega. Ada banyak nama untuk mentega di seluruh dunia. Ghee adalah...

Minyak Kacang Mete – Manfaat Kesehatan, Kegunaan, Fakta Nutrisi, Efek Samping
Kacang mete adalah salah satu kacang yang paling dicintai di seluruh dunia. Terlepas dari kenyataan bahwa mereka adalah kacang paling populer ketiga dalam hal...

Fenugreek Oil – Penggunaan, Manfaat Kesehatan dan Fakta Gizi
Minyak fenugreek diperoleh dari biji fenugreek. Biji-biji ini cukup bergizi dan memiliki banyak manfaat kesehatan. Minyak biji fenugreek memiliki beberapa manfaat kesehatan yang sangat...

Minyak Jagung – Penggunaan, Manfaat Kesehatan, Fakta Nutrisi, Dosis & Efek Samping
Minyak jagung adalah minyak nabati yang sehat yang biasa kita gunakan dalam masakan kita, seperti minyak canola atau minyak safflower. Minyak jagung adalah minyak...

Minyak Brahmi – Kegunaan, Manfaat Kesehatan, Fakta Nutrisi & Efek Samping
Minyak Brahmi adalah ramuan herbal herbal Brahmi dalam minyak dasar apa pun. Sebenarnya, ada dua herbal yang dikenal sebagai Brahmi. Umumnya keduanya digunakan untuk...

Croton Oil – Kegunaan sebagai Kupas, Manfaat Kesehatan, Fakta Nutrisi, Efek Samping
Minyak puring adalah minyak yang berbahaya namun cukup berguna. Ini didapat dari tanaman berbunga Croton. Ini adalah minyak beracun, dan bisa mematikan. Hal ini...

Minyak Biji Semangka – Manfaat Kesehatan, Kegunaan, Nutrisi, Efek Samping
Minyak biji semangka adalah minyak yang sangat bergizi yang diperoleh dari biji semangka. Minyak biji ini telah diekstraksi menggunakan metode tradisional di Afrika Barat...

Minyak Ravensara – Penggunaan, Manfaat Kesehatan dan Fakta Gizi
Minyak atsiri Ravensara adalah minyak esensial yang relatif langka yang berasal dari pohon di Madagaskar. Namanya adalah Ravensara aromatica, tetapi juga dikenal sebagai Ravintsara....

Egyptian Musk Oil – Penggunaan untuk Parfum, Bahan-Bahan, dan Manfaat Kesehatan
Minyak musk Mesir adalah jenis khusus minyak musk, atau hanya musk yang berasal dari Mesir. Resep dan formulanya yang asli disebutkan dalam buku-buku Mesir...

Minyak Lemon Balm – Manfaat Kesehatan, Kegunaan untuk Cold Sores & Aromatherapy, Efek Samping
Minyak lemon balm (Melissa essential oil) adalah salah satu minyak esensial yang paling mahal dan paling banyak digunakan. Minyak lemon balm sangat menenangkan, menenangkan...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *