Minyak Jagung – Penggunaan, Manfaat Kesehatan, Fakta Nutrisi, Dosis & Efek Samping

Minyak jagung adalah minyak nabati yang sehat yang biasa kita gunakan dalam masakan kita, seperti minyak canola atau minyak safflower. Minyak jagung adalah minyak yang cukup sehat karena terutama terdiri dari asam lemak polyunsaated (PUFA) dan rendah lemak jenuh. Ini juga digunakan dalam perawatan kulit dan perawatan rambut, selain banyak aplikasi industri lainnya.

minyak jagung baik untuk kesehatan jantung

(Photo Courtesy: Ano Lobb )

3. Tekanan Darah Tinggi
Mengkonsumsi asam lemak tak jenuh ganda menurunkan tekanan darah tinggi pada orang yang menderita hipertensi [5]. Minyak jagung secara khusus mampu menurunkan tingkat tekanan darah hingga sekitar 10%. Namun, seperti biasa, seseorang harus menjaga konsumsi lemak dalam batas, tidak peduli seberapa sehat.

4. Minyak Jagung untuk Kulit
Satu dapat menerapkan minyak jagung untuk kulit sebagai minyak pijat. Ini adalah emolien yang bagus, meskipun tidak sebagus minyak pijat terkenal seperti zaitun, kelapa atau almond manis. Minyak jagung yang tidak dimurnikan memiliki sedikit aroma seperti jagung yang mungkin disukai oleh sebagian orang. Ini meningkatkan fungsi kulit karena adanya asam linoleat dan vitamin E di dalamnya. Minyak jagung adalah minyak lembut dan dapat digunakan sebagai minyak dasar untuk produk rumah tangga seperti pelembab bibir, salep, krim dan minyak malam. Minyak jagung adalah sekitar 59% asam linoleat dan karenanya, minyak ini menembus kulit dengan cepat.

5. Minyak Jagung untuk Rambut
Minyak jagung biasanya bukan "minyak rambut". Satu dapat menggunakannya sebagai perawatan minyak panas 1 – 2 kali seminggu. Ini membantu rambut kering dan kurang gizi. Ini kondisi rambut dan membuatnya halus.

6. Untuk Hewan Peliharaan
Minyak jagung juga digunakan untuk hewan. Ini lembut dan bagus untuk perawatan kulit mereka. Memijat minyak jagung di rambut anjing membuat mantel lebih sehat. Minyak jagung juga diumpankan ke kuda untuk mengobati kondisi mantel yang membosankan. Minyak jagung memberi mereka lemak sehat dan lebih banyak energi. Namun, diet mereka juga harus mengandung sesuatu yang kaya asam lemak omega-3 untuk menyeimbangkan kelebihan omega-6 dari minyak jagung.

Menggunakan

Minyak jagung digunakan dalam pengobatan rumah untuk perawatan rambut dan kulit dan menawarkan banyak manfaat kesehatan. Namun, ia memiliki beberapa aplikasi dalam industri juga.

  • Deep frying – Minyak jagung adalah minyak pilihan untuk memasak, terutama menggoreng. Titik asapnya adalah 450 ° F, yang kedua setelah minyak kedelai. Itu membuat minyak jagung menjadi salah satu minyak terbaik untuk membuat resep yang digoreng, seperti kentang goreng.
  • Pembuatan sabun
  • Pembawa untuk obat-obatan.
  • Sebagai bahan insektisida
  • Mencegah korosi pada permukaan besi (tahan karat).
  • Pembuatan nitrogliserin. Tahukah Anda bahwa nitrogliserin juga digunakan sebagai vasodilator dalam kondisi jantung seperti serangan jantung.
  • Ini juga digunakan dalam teknologi biodiesel.

Efek samping, Masalah Aman Dosis dan Keracunan

Minyak jagung umumnya tidak beracun jika telah diproduksi menggunakan metode cold pressed. Jika pelarut digunakan untuk mengekstraksi minyak, maka dapat menyebabkan efek buruk pada kesehatan yang serius dalam jangka panjang. Namun, minyak jagung memiliki jumlah asam linoleat yang sangat tinggi (omega-6) dengan asam alfa-linolenat sangat sedikit (omega-3). Penelitian telah mengidentifikasi bahwa diet yang kaya omega-6 tetapi kurang dalam omega-3 dapat menyebabkan peradangan sistemik di tubuh kita. Bahkan, rasio omega-6 hingga omega-3 bisa menahan kunci untuk penyakit peradangan seperti radang sendi dan jerawat. Oleh karena itu, orang harus memastikan untuk makan cukup omega-3 dalam diet juga. Ini semua tentang keseimbangan.

Informasi Gizi dan Obat

Manfaat kesehatan dari setiap makanan berasal dari nutrisi. Ini adalah fakta nutrisi dari minyak jagung. Yang paling penting untuk dicatat tentang minyak nabati adalah komposisi asam lemaknya. 100 gram minyak jagung mengandung:

  • 12,9 gm Lemak Jenuh
  • 54,6 gm Lemak tak jenuh ganda (PUFA)
  • 27,5 gm Lemak tak jenuh tunggal (MUFA)

Ini sangat berbeda dari minyak zaitun, yang mengandung 72 gram Asam Lemak Tak Jenuh.

Profil nutrisi asam lemak lengkap dari minyak jagung

Gizi Persentase Milik
Gamma Linoleic Acid (18: 3) -% PUFA
Stearic Acid (18: 0) 2-3% Lemak jenuh
Palmitic Acid (16: 0) 11-13% Lemak jenuh
Palmitoleic Acid (16: 1) -% MUFA
Oleic Acid (18: 1) 25-31% MUFA
Linoleic Acid (18: 2) 54-60% PUFA
Alpha Linolenic Acid (18: 3) 1% PUFA
Erucic Acid (22: 1) -% MUFA
Gondoic Acid (20: 1) -% MUFA
Behenic Acid (22: 0) -% Lemak jenuh
Arachidic Acid (20: 0) -% Lemak jenuh

Sumber: 3

Vitamin dan Mineral dalam Minyak Jagung

Minyak ini tidak mengandung vitamin atau mineral apa pun kecuali Vitamin E, Vitamin K, dan kolin. [4]

  • Vitamin E – 100 gram minyak mengandung 14,3 mg Vitamin E, yang merupakan 71% dari Nilai Harian DV.
  • Vitamin K – 100 gm minyak jagung mengandung 1,9 mcg (mikrogram) Vitamin K membuat 2% dari DV.
  • Kolin – Minyak jagung mengandung 0,2 mg kolin.

Perhatian Tentang Asam Lemak Trans

Minyak jagung adalah salah satu dari sedikit minyak sayur yang mengandung lemak trans. Namun 100 gram minyak jagung hanya mengandung 0,3 gm lemak trans [4]. Meskipun lemak trans benar-benar buruk untuk kesehatan kardiovaskular, jumlah ini cukup kecil.

Phytosterols

Minyak jagung sebenarnya digunakan untuk mensintesis pitosterol tertentu dan kemudian digunakan sebagai supplmenet. Minyak jagung alami mengandung sejumlah kecil materi yang tidak bisa dilepas. 100 gram minyak jagung mengandung sekitar 1.000 mg (1 gm) pitosterol, yang cukup tinggi. Minyak mentah, yang tidak dimurnikan memiliki jumlah fitosterol yang lebih tinggi.

Ada banyak jenis pitosterol, seperti campesterol, stigmasterol dan sejenisnya. Namun, fitosterol utama dalam minyak jagung adalah sitosterol dan turunannya, seperti dihidrositosterol. Sebuah isomer sitosterol, yang disebut beta-sitosterol adalah senyawa utama yang bertanggung jawab untuk efek menurunkan kolesterol. [6]

Sifat Kimia

Terlepas dari fakta gizi, beberapa sifat kimia seperti kapasitas antioksidan juga relevan. Sayangnya, beberapa sifat yang paling penting seperti pH, ORAC (daya antioksidan) dan komedogenisitas tidak diketahui.

Gizi Persentase Milik
Massa jenis 0,922-0,928 g / ml bagus untuk minyak pijat
Suhu penyimpanan rendah Suhu ideal untuk penyimpanan
Comedogenisitas Potensi penyumbatan pori (0 – 5)
ORAC Kekuatan Antioksidan
pH Ukuran Keasaman
Nilai Peroksida kurang dari 10 Ukuran Ketengis Awal
Nilai Saponifikasi 189-195 Ukuran panjang rantai karbon rata-rata
Nilai Iodine 120-130 Mengukur ketidakjenasan minyak
Asam Lemak Gratis 2,52% Persentase minyak atsiri

Sumber: 3

Minyak jagung adalah minyak goreng yang sehat yang dapat digunakan untuk menggoreng. Ini menawarkan banyak manfaat kesehatan dalam jumlah kecil.

Membeli dan Penyimpanan

Minyak jagung sangat mudah tersedia. Seseorang bisa mendapatkannya di toko makanan. Namun, seseorang perlu melakukan pencarian untuk menemukan minyak jagung extra virgin yang dingin ditekan dan tidak dimurnikan. Yang ini harganya lebih mahal. Minyak ini perlu disimpan di lemari es jika tidak berubah menjadi keruh. Ia tidak memiliki umur simpan yang mengesankan dan hanya semakin buruk jika terkena cahaya dan panas.

Referensi

1. Phytosterols yang secara alami ada dalam minyak jagung komersial secara signifikan mengurangi penyerapan kolesterol pada manusia. Ostlund RE Jr1, SB Racette, Okeke A, Stenson WF. Am J Clin Nutr. 2002 Juni; 75 (6): 1000-4
2. Penggunaan makanan dan efek kesehatan dari minyak jagung. Dupont J1, White PJ, Carpenter MP, Schaefer EJ, Meydani SN, Elson CE, Woods M, Gorbach SL. J Am Coll Nutr. 1990 Okt; 9 (5): 438-70.
3. Minyak Jagung. Asosiasi Penyulingan Jagung
4. Minyak, sayuran, jagung, industri dan eceran, semua salad tujuan atau memasak. NutritionData.Self.Com
5. Tekanan darah pada tikus hipertensi spontan yang diberi lemak mentega, minyak jagung, atau minyak ikan. N Karanja, T Phanouvong, D A McCarron.
6. THE PHYTOSTEROLS DARI JAGUNG MINYAK '. OLEH R. J. ANDERSON DAN R. I ,. KUIL.

Sumber artikel: https://oilhealthbenefits.com/corn-oil/

Lainnya     , , , , , , , , , ,

Artikel Terkait "Minyak Jagung – Penggunaan, Manfaat Kesehatan, Fakta Nutrisi, Dosis & Efek Samping"


Minyak Mentega – Manfaat Kesehatan, Kegunaan, Sifat & Fakta Nutrisi
Minyak mentega adalah produk berminyak yang diperoleh dari mentega. Ini juga dikenal sebagai mentega. Ada banyak nama untuk mentega di seluruh dunia. Ghee adalah...

Minyak Kacang Mete – Manfaat Kesehatan, Kegunaan, Fakta Nutrisi, Efek Samping
Kacang mete adalah salah satu kacang yang paling dicintai di seluruh dunia. Terlepas dari kenyataan bahwa mereka adalah kacang paling populer ketiga dalam hal...

Fenugreek Oil – Penggunaan, Manfaat Kesehatan dan Fakta Gizi
Minyak fenugreek diperoleh dari biji fenugreek. Biji-biji ini cukup bergizi dan memiliki banyak manfaat kesehatan. Minyak biji fenugreek memiliki beberapa manfaat kesehatan yang sangat...

Minyak Esensial Rosewood – Kegunaan untuk Manfaat Rambut & Kulit, Properti & Kesehatan
Minyak esensial Rosewood tetap menjadi pokok dalam aromaterapi selama beberapa dekade. Ini adalah salah satu minyak esensial yang paling serbaguna karena digunakan untuk berbagai...

Minyak Brahmi – Kegunaan, Manfaat Kesehatan, Fakta Nutrisi & Efek Samping
Minyak Brahmi adalah ramuan herbal herbal Brahmi dalam minyak dasar apa pun. Sebenarnya, ada dua herbal yang dikenal sebagai Brahmi. Umumnya keduanya digunakan untuk...

Croton Oil – Kegunaan sebagai Kupas, Manfaat Kesehatan, Fakta Nutrisi, Efek Samping
Minyak puring adalah minyak yang berbahaya namun cukup berguna. Ini didapat dari tanaman berbunga Croton. Ini adalah minyak beracun, dan bisa mematikan. Hal ini...

Minyak Biji Semangka – Manfaat Kesehatan, Kegunaan, Nutrisi, Efek Samping
Minyak biji semangka adalah minyak yang sangat bergizi yang diperoleh dari biji semangka. Minyak biji ini telah diekstraksi menggunakan metode tradisional di Afrika Barat...

Minyak Ravensara – Penggunaan, Manfaat Kesehatan dan Fakta Gizi
Minyak atsiri Ravensara adalah minyak esensial yang relatif langka yang berasal dari pohon di Madagaskar. Namanya adalah Ravensara aromatica, tetapi juga dikenal sebagai Ravintsara....

Egyptian Musk Oil – Penggunaan untuk Parfum, Bahan-Bahan, dan Manfaat Kesehatan
Minyak musk Mesir adalah jenis khusus minyak musk, atau hanya musk yang berasal dari Mesir. Resep dan formulanya yang asli disebutkan dalam buku-buku Mesir...

Minyak Lemon Balm – Manfaat Kesehatan, Kegunaan untuk Cold Sores & Aromatherapy, Efek Samping
Minyak lemon balm (Melissa essential oil) adalah salah satu minyak esensial yang paling mahal dan paling banyak digunakan. Minyak lemon balm sangat menenangkan, menenangkan...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *