Minyak Mentega – Manfaat Kesehatan, Kegunaan, Sifat & Fakta Nutrisi

Minyak mentega adalah produk berminyak yang diperoleh dari mentega. Ini juga dikenal sebagai mentega. Ada banyak nama untuk mentega di seluruh dunia. Ghee adalah mentega tradisional dari India sebagaimana disebutkan dalam Ayurveda. Minyak mentega sangat baik untuk keperluan memasak karena memiliki titik asap yang jauh lebih tinggi. Ghee terutama menambahkan rasa pedas yang berbeda untuk makanan yang disiapkan di dalamnya, karena tindakan karamelisasi dilakukan saat membuatnya. Minyak mentega sangat bagus untuk orang-orang dengan intoleransi terhadap susu laktosa atau kasein, karena mengandung sangat sedikit dari keduanya.

Sumber

Minyak mentega berasal dari mentega. Ini disiapkan melalui proses yang agak membosankan, tetapi dapat dengan mudah dilakukan di rumah. Seluruh ide di balik minyak mentega adalah membuang padatan susu dan kandungan air dari mentega. Ini membuatnya kurang padat dan meningkatkan titik asapnya. Minyak mentega karena itu menyerupai minyak lainnya. Ini adalah perbedaan mendasar antara mentega dan mentega.

  • Cream pertama diolah untuk membuat mentega.
  • Mentega ini kemudian dipanaskan untuk menguapkan kandungan air. Padatan susu perlahan mulai mengendap di bagian bawah. Lapisan atas kaya akan minyak dan lemak dan disaring hanya dengan dekantasi. Ini adalah minyak mentega.

Proses pembuatan ghee sedikit lebih terlibat. Ini melibatkan pemanasan mentega sedemikian rupa sehingga padatan susu mulai karamel. Ini memberikan rasa yang jauh lebih baik, agak pedas dan sedikit aromatik. Mentega klarifikasi dari sapi yang diberi makan rumput berwarna kuning cemerlang.
Ghee hanya nama tradisional India untuk mentega. Namun, produk serupa diekstrak oleh budaya di lokasi yang berbeda di seluruh dunia, dan mereka memiliki nama mereka untuk mentega. Semua produk ini memiliki perbedaan halus dalam hal nutrisi, tergantung pada pola makan sapi, kualitas susu dan teknik produksi.

Properties

Minyak mentega memiliki sifat meningkatkan kesehatan yang luar biasa.

  • Yg melunakkan – Secara tradisional digunakan untuk memijat kulit dan memberikan pelembab.
  • Anti-Viral – Ghee telah diidentifikasi untuk bertindak melawan spesies virus tertentu. Ini karena adanya asam butirat.
  • Anti-Kanker – Ghee juga menunjukkan efek perlindungan terhadap kanker tertentu. [1]
  • Anti-inflamasi – Bubur klarifikasi bagus untuk mengurangi peradangan, terutama di usus besar.
  • Anti-bakteri – Minyak ini juga memiliki aktivitas melawan spesies bakteri tertentu. Asam laurat adalah antibakteri dan antiviral yang kuat.
  • Anti-Viral – aktif melawan virus lipid berlapis seperti virus herpes simplex.
  • Antioksidan – Ini memulung radikal bebas dan melindungi kita dari kerusakan radikal bebas.
  • Cardioprotective – Bila diminum dalam jumlah sedikit, minyak Ghee atau Butter dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. [2]
  • Anti-Jamur – membunuh candida dan jamur lainnya karena asam kaprilat.

Selain sifat-sifat terapeutik dari minyak mentega, Ayurveda menyebutkan banyak sifat obat Ghee. Ini mungkin tidak diverifikasi, tetapi mereka disebutkan dalam buku-buku pengobatan kuno terkenal tentang Ayurveda.

  • Meningkatkan kecerdasan dan memori
  • Merangsang api pencernaan, atau Agni.
  • Melembutkan kulit.
  • Cicatrizant – menyembuhkan luka.
  • Anti-iritasi – mengurangi iritasi kulit.
  • Agen Pengangkut – Ghee dianggap sebagai agen pembawa yang sangat baik untuk jamu, bubuk dan nutrisi lainnya ketika diperlukan untuk mendorong mereka ke dalam kulit.
  • Membangun jaringan tubuh dan dapat membantu dengan kondisi pemborosan.

Warna, Rasa, dan Aroma
Minyak mentega berwarna kuning. Ini memiliki rasa ringan dan aroma manis yang halus. Ada sedikit variasi dalam rasa dan aroma tergantung pada minyak mentega dari berbagai lokasi di seluruh dunia.

Keuntungan sehat

Minyak mentega dapat digunakan sebagai obat rumah untuk berbagai kondisi. Ini dikaitkan dengan sifat penyembuhannya. Mengkonsumsi sekitar 5 – 10% dari ghee dari total diet kalori juga dapat memberikan manfaat kesehatan jangka panjang.

1. Minyak Mentega untuk Kulit
Minyak mentega bagus untuk memijat kulit. Satu dapat menggunakannya untuk membuat minyak herbal diinfuskan dan dengan demikian menerapkan ramuan apapun pada kulit, seperti rosemary, thyme, basil. Ini meredakan kulit kering dan kering. Mengoleskan minyak mentega dapat mengurangi kerutan dan garis-garis halus pada kulit. Hal ini juga baik untuk stretch mark dan bekas luka, karena mempromosikan penyembuhan. Minyak mentega dapat menenangkan lesi kulit yang teriritasi, ruam dan tumit pecah-pecah. Memijatnya ke dalam tubuh membantu menenangkan orang itu. Menerapkannya di bawah mata membantu meringankan ketegangan mata dan memberikan relaksasi pada mata.

2. Minyak Mentega untuk Rambut
Minyak mentega membuat perawatan deep conditioning minyak yang baik untuk rambut. Ini menyediakan lemak jenuh dan protein ke rambut. Dapat meningkatkan tekstur dan kualitas rambut. Ini mengurangi ketombe. Minyak mentega adalah detangler yang bagus bila digunakan dalam jumlah yang sangat kecil. Pelembapnya tetap panjang karena tidak cepat keluar.

3. Anti-Kanker
Mengkonsumsi sebagian kecil ghee dalam diet dapat membantu mengurangi kerentanan terhadap kanker tertentu. Minyak ghee atau mentega sangat tinggi lemak jenuh, dan karena itu menimbulkan risiko penyakit jantung jika diminum sedikit saja. Ghee telah diidentifikasi untuk mengurangi risiko kanker usus besar. Ini sebenarnya membantu pertumbuhan sel-sel usus yang sehat. Ini juga dapat membantu dalam fungsi usus besar yang tepat dan pengentasan penyakit radang usus besar. Ini karena asam butirat dalam ghee. [3]

4. Mengurangi Peradangan
Minyak mentega, terutama yang mengandung asam linoleat terkonjugasi dikenal untuk mengurangi peradangan dalam tubuh. Ini mengurangi sintesis senyawa peradangan seperti prostaglandin dan leukotrien dalam tubuh. Konsumsi ghee secara teratur dapat membantu dengan kolitis ulserativa dan penyakit Chron. [4]

5. Peningkatan Mood dan Life Extension
Butyric acid adalah inhibitor HDAC yang dikenal. Senyawa-senyawa ini mengganggu fungsi histone deacetylase dan merupakan penstabil mood yang kuat. Ini membuat minyak mentega bermanfaat bagi orang yang secara teratur menderita depresi dan perubahan suasana hati. Molekul ini juga meningkatkan umur panjang. [5]

Penggunaan dalam Pemulihan Rumah
Minyak mentega membuat pengobatan rumah serba guna untuk banyak masalah.

  • Menerapkannya pada luka hingga bau pendarahan.
  • Ini menenangkan sunburns.
  • Itu bisa menenangkan gatal.

Menggunakan

Minyak mentega adalah salah satu minyak terbaik untuk menggoreng. Ini memiliki titik asap yang sangat tinggi 485 ° F. Suhu ini tidak mudah terlampaui bahkan dalam menggoreng. Namun, orang harus mencatat bahwa minyak mentega sebagian besar terdiri dari lemak jenuh. Meskipun mereka dapat dicegah dari hidrogenasi, mereka masih bisa berbahaya jika diambil secara berlebihan selama jangka waktu yang cukup lama.
Minyak mentega, terutama ghee membantu memunculkan rasa pedas pada makanan yang digoreng, yang membuat rasanya lebih enak daripada kebanyakan minyak lainnya. Jauh lebih mudah untuk menggoreng dengan minyak mentega karena minyak tidak banyak memerciki. Oleh karena itu, ada risiko yang jauh lebih rendah dari luka bakar dapur. Satu dapat menggunakan minyak mentega untuk menumis dan membuat semua jenis makanan yang digoreng. Ini juga cocok dengan daging asap.

Minyak mentega juga merupakan minyak lampu yang sangat baik. Ini memberikan kecerahan yang cukup dan luka bakar untuk waktu lama. Seseorang dapat dengan mudah menambahkan beberapa tetes minyak esensial untuk menyebarkan aromanya ke lingkungan.

Efek Samping, Masalah Aman Dosis dan Keracunan

Minyak mentega umumnya aman digunakan. Namun, orang harus memastikan untuk mendapatkan produk berkualitas tinggi, jika membeli dari pasar. Mentega klarifikasi biasanya ditemukan mengandung logam berat dalam jumlah yang berbahaya. Oleh karena itu, penting untuk membeli produk yang memenuhi standar keamanan terkait senyawa berbahaya seperti logam berat.

Informasi Gizi dan Obat

Minyak mentega tidak seperti minyak yang paling banyak dimakan. Ini mengandung sejumlah kecil banyak vitamin dan mineral, sementara sebagian besar minyak tanpa banyak vitamin dan mineral. Profil asam lemaknya juga sangat berbeda karena mengandung lemak jenuh dan asam lemak seperti asam butirat yang tidak begitu umum dalam minyak lainnya. Minyak ini padat kalori dan menyediakan 876 kalori per 100 gram.

Profil Gizi Asam Lemak
100 gram minyak mentega anhydrous mengandung:

  • Asam Lemak Jenuh – 61,9 gm
  • Asam Lemak tak jenuh tunggal – 28,7 gm
  • Asam Lemak Tak Jenuh Ganda – 3,6 gram
  • Trans Fatty Acids – 4 gm

Lemak trans adalah lemak yang tidak sehat dan mereka diketahui dapat memperburuk risiko penyakit jantung. Minyak mentega mengandung sangat sedikit omega-3 (1447 mg) dan omega-6 (2247 mg) asam lemak. Selain asam lemak omega yang penting, minyak mentega juga mengandung CLA (conjugated linoleic acid). Ini adalah sekelompok senyawa yang menjanjikan banyak manfaat kesehatan, meskipun beberapa dari mereka telah diverifikasi. Lemak CLA adalah suplemen gizi umum, tetapi seseorang dapat dengan mudah mendapatkannya dari makanan yang kaya akan rumput yang diberi susu sapi dan produk lain darinya, yang termasuk minyak mentega. Ini adalah beberapa manfaat kesehatan yang dapat diperoleh dari CLA.

  • Menurunkan peradangan dalam tubuh.
  • Peningkatan regulasi lemak tubuh dan massa otot tanpa lemak.
  • Dukungan sistem kekebalan.
  • Lebih banyak energi dalam tubuh. CLA dan omega-3 membantu meningkatkan biosintesis mitokondria.
Gizi Persentase Milik
Gamma Linoleic Acid (18: 3) PUFA
Stearic Acid (18: 0) 12,05% Lemak jenuh
Palmitic Acid (16: 0) 26. 16% Lemak jenuh
Palmitoleic Acid (16: 1) 2,22% MUFA
Oleic Acid (18: 1) 25,0% MUFA
Linoleic Acid (18: 2) 2,24% PUFA
Alpha Linolenic Acid (18: 3) 1,44% PUFA
Butyric Acid (4: 0) 3,2% Lemak jenuh
Caproic Acid (6: 0) 1,9% Lemak jenuh
Caprylic Acid (8: 0) 1,1% Lemak jenuh
Capric Acid (10: 0) 2,5% Lemak jenuh
Lauric Acid (12: 0) 2,8% Lemak jenuh
Myristic Acid (14: 0) 10% Lemak jenuh

Sumber: 6

Nilai Nutrisi Lengkap
Minyak mentega menyediakan banyak vitamin dan mineral dalam jumlah kecil.

Gizi Nilai Persentase
Energi (Kalori) 876 43,8
Karbohidrat 0 0
Protein 0,28 gm 0,56%
Lemak 99,48 gm 152%
Serat makanan 0 0
Kolesterol 256 mg 85,3%
Gula 0 0
Vitamin Nilai Persentase
Vitamin A 3069 IU 61%
Tiamin (B1) 0,001 mg 0
Riboflavin (B2) 0,005 mg 0
Niasin (B3) 0,003 mg 0
Pantothenic Acid (B5) 0,010 mg 0
Pyridoxine (B6) 0,001 mg 0
Biotin (B7)
Asam Folat (B9) 0 0
Vitamin B12 0 0
Vitamin C 0 0
Vitamin D 7.3 IU 1,8%
Vitamin E 2,8 mg 14%
Vitamin K 8,6? G 10,75%
Elektrolit Nilai Persentase
Kalium 5 mg 0,14%
Sodium 2 mg 0
Mineral Nilai Persentase
Besi 0 0
Kalsium 4 mg 0,4%
Magnesium 0 0
Fosfor 3 mg 0,3%
Seng 0,01 mg 0
Mangan 0 0
Tembaga 0,001 mg 0
Selenium 0 0
Mikro-Nutrisi Nilai Persentase
Phytosterols
Kafein 0
Theobromine 0

Sumber: 6

Minyak mentega dengan demikian menunjukkan keseimbangan nutrisi yang baik. Namun, itu mengandung banyak kolesterol. Namun, selain fakta bahwa itu mengandung jumlah kolesterol dan lemak jenuh yang signifikan, itu masih merupakan lemak yang sangat sehat untuk tubuh.

Membeli dan Penyimpanan
Satu pasti harus untuk 100% minyak mentega organik yang terbuat dari susu sapi hanya makan rumput. Sapi yang diberi makan rumput memiliki rasio lemak omega-6 dan omega-3 yang lebih sehat dalam susu mereka, yang tidak bersifat pro-inflamasi. Minyak mentega cukup tahan terhadap ketengikan dan dapat disimpan tanpa pendingin selama berminggu-minggu.

Referensi

1. Efek ghee sapi (minyak mentega yang diklarifikasi) & minyak kedelai pada enzim metabolisme-karsinogen pada tikus. Rita Rani dan Vinod K. Kansal. The Indian Journal of Medical Research
2. Efek ghee (mentega yang diklarifikasi) pada tingkat lipid serum dan peroksidasi lipid mikrosomal. Hari Sharma, Xiaoying Zhang, dan Chandradhar Dwivedi
3. Klampfer, L; Huang, J; Sasazuki, T; Shirasawa, S; Augenlicht, L (2004). “Ras Onkogenik Mempromosikan Apoptosis Butyrate-induced melalui Inhibisi Ekspresi Gelsolin. The Journal of Biological Chemistry
4. Kumar MV, Sambaiah K, Lokesh BR. Lemak susu anhidrat, ghee, menurunkan prostaglandin serum dan sekresi leukotrien oleh makrofag peritoneum tikus. Prostaglandin Leukot Asam Lemak Essent.
5. Peran CBP dan SATB-1 dalam Penuaan, Pembatasan Diet, dan Pemberian Sinyal Insulin
6. USDA – Butter Oil, Anydrous.

Sumber artikel: https://oilhealthbenefits.com/butter-oil/

Lainnya     , , , , , , , ,

Artikel Terkait "Minyak Mentega – Manfaat Kesehatan, Kegunaan, Sifat & Fakta Nutrisi"


Minyak Kacang Mete – Manfaat Kesehatan, Kegunaan, Fakta Nutrisi, Efek Samping
Kacang mete adalah salah satu kacang yang paling dicintai di seluruh dunia. Terlepas dari kenyataan bahwa mereka adalah kacang paling populer ketiga dalam hal...

Fenugreek Oil – Penggunaan, Manfaat Kesehatan dan Fakta Gizi
Minyak fenugreek diperoleh dari biji fenugreek. Biji-biji ini cukup bergizi dan memiliki banyak manfaat kesehatan. Minyak biji fenugreek memiliki beberapa manfaat kesehatan yang sangat...

Minyak Esensial Rosewood – Kegunaan untuk Manfaat Rambut & Kulit, Properti & Kesehatan
Minyak esensial Rosewood tetap menjadi pokok dalam aromaterapi selama beberapa dekade. Ini adalah salah satu minyak esensial yang paling serbaguna karena digunakan untuk berbagai...

Minyak Jagung – Penggunaan, Manfaat Kesehatan, Fakta Nutrisi, Dosis & Efek Samping
Minyak jagung adalah minyak nabati yang sehat yang biasa kita gunakan dalam masakan kita, seperti minyak canola atau minyak safflower. Minyak jagung adalah minyak...

Minyak Brahmi – Kegunaan, Manfaat Kesehatan, Fakta Nutrisi & Efek Samping
Minyak Brahmi adalah ramuan herbal herbal Brahmi dalam minyak dasar apa pun. Sebenarnya, ada dua herbal yang dikenal sebagai Brahmi. Umumnya keduanya digunakan untuk...

Croton Oil – Kegunaan sebagai Kupas, Manfaat Kesehatan, Fakta Nutrisi, Efek Samping
Minyak puring adalah minyak yang berbahaya namun cukup berguna. Ini didapat dari tanaman berbunga Croton. Ini adalah minyak beracun, dan bisa mematikan. Hal ini...

Minyak Biji Semangka – Manfaat Kesehatan, Kegunaan, Nutrisi, Efek Samping
Minyak biji semangka adalah minyak yang sangat bergizi yang diperoleh dari biji semangka. Minyak biji ini telah diekstraksi menggunakan metode tradisional di Afrika Barat...

Minyak Ravensara – Penggunaan, Manfaat Kesehatan dan Fakta Gizi
Minyak atsiri Ravensara adalah minyak esensial yang relatif langka yang berasal dari pohon di Madagaskar. Namanya adalah Ravensara aromatica, tetapi juga dikenal sebagai Ravintsara....

Egyptian Musk Oil – Penggunaan untuk Parfum, Bahan-Bahan, dan Manfaat Kesehatan
Minyak musk Mesir adalah jenis khusus minyak musk, atau hanya musk yang berasal dari Mesir. Resep dan formulanya yang asli disebutkan dalam buku-buku Mesir...

Minyak Lemon Balm – Manfaat Kesehatan, Kegunaan untuk Cold Sores & Aromatherapy, Efek Samping
Minyak lemon balm (Melissa essential oil) adalah salah satu minyak esensial yang paling mahal dan paling banyak digunakan. Minyak lemon balm sangat menenangkan, menenangkan...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *