Top 7 Manfaat Mengesankan Jus Jeruk

jus jeruk, karena Anda mungkin bisa menebak, adalah jus yang diperas dari buah jeruk yang populer dan lezat, jeruk. Minuman ini dianggap sebagai salah satu minuman paling sehat karena berbagai manfaat kesehatannya, yang meliputi kemampuannya untuk meningkatkan kekebalan, mengurangi tanda-tanda penuaan, mencegah kanker, meningkatkan perbaikan dan metabolisme sel, detoksifikasi tubuh, meningkatkan sirkulasi dan tekanan darah, mengurangi peradangan, dan menurunkan kadar kolesterol.

Jeruk telah menjadi pokok makan sehat selama ribuan tahun, dan buah-buahan ini berasal di suatu tempat di Asia Tenggara. Catatan sejarah jeruk tanggal kembali sejauh Cina, lebih dari 4.500 tahun yang lalu. Mereka adalah salah satu buah jeruk paling populer dengan nama ilmiah Jeruk sinensis. Ada beberapa varietas jeruk, tetapi ini adalah jenis jeruk manis, yang paling populer dan biasa dimakan. Ini menyediakan beberapa jenis jus jeruk yang paling lezat, meskipun ada beberapa orang yang lebih memilih jus dari jeruk darah, jeruk mandarin atau bahkan jeruk pahit.

Jus jeruk bisa sama bermanfaatnya dengan makan buah utuh, asalkan itu 100% alami dan tidak mengandung pengawet, zat aditif, dan gula. Hal yang paling dekat untuk makan jeruk adalah minum segelas tidak dipasteurisasi, jus jeruk segar. Kulit dan kulit buah jeruk memiliki manfaat kesehatan yang besar, tetapi Anda bisa mendapatkan sebagian besar nutrisi dan komponen bermanfaat dari jus jeruk juga.

Hindari jus jeruk beku, jus jeruk kalengan, atau jus jeruk pekat, karena, dengan semua proses, Anda kehilangan sejumlah besar kebaikan alami, dan produsen sering beralih ke menambahkan bahan kimia ke jus untuk mengisi nilai-nilai gizi yang hilang. Bersikaplah alami dan pastikan Anda mendapatkan semua manfaat dari jus buah ajaib dan lezat ini!

Fakta Nutrisi Jus Jeruk

Semua manfaat kesehatan yang mengesankan dari jus jeruk dapat dikaitkan dengan kandungan nutrisinya, serta vitamin dan mineral termasuk vitamin C, vitamin A, tiamin, folat, potasium, serat, protein, tembaga, magnesium, flavonoid, hesperidin, dan berbagai vitamin dan mineral lainnya yang membuatnya menjadi salah satu buah yang paling berharga dan mengandung nutrisi. Dalam hal kalori, jus jeruk memiliki 47 kalori dalam porsi 100ml.

Manfaat Kesehatan Jus Jeruk

Mari kita jelajahi manfaat kesehatan dari jus buah ini secara lebih terperinci di bawah ini.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Jeruk dan jus jeruk telah lama dikenal sebagai gardu listrik sifat penyembuhan, dan salah satu sumber vitamin C terkaya yang dapat Anda tambahkan ke diet Anda. [1] Satu porsi jus jeruk memiliki lebih dari 200% kebutuhan vitamin C tubuh. Vitamin C, juga dikenal sebagai asam askorbat, berfungsi sebagai primer antioksidan di dalam tubuh, dan menghancurkan atau menetralisir radikal bebas sebelum mereka dapat merusak tubuh. Tubuh kita membutuhkan vitamin C untuk menstimulasi aspek lain dari sistem kekebalan kita juga. Selanjutnya, asam askorbat adalah salah satu komponen dasar kolagen, yang diperlukan untuk memperbaiki sel dan untuk pertumbuhan jaringan baru di dalam tubuh.

Mencegah Kanker

Seperti disebutkan, vitamin C berfungsi sebagai antioksidan, dan salah satu fungsi terpenting dari antioksidan adalah mencegah kanker. Antioksidan menjaga DNA sel sehat agar tidak bermutasi menjadi sel kanker, yang menjadikan vitamin C sebagai garis pertahanan pertama melawan kanker dan serius lainnya penyakit [2] Bersama dengan vitamin C, jus jeruk juga mengandung hesperidin antioksidan, yang telah terhubung untuk mengurangi pertumbuhan tumor dan merangsang apoptosis atau kematian sel terprogram, di sel kanker. Meskipun penelitian sedang berlangsung, ini secara positif dikaitkan dengan pencegahan kanker usus besar, tetapi kemungkinan hesperidin adalah efektif dalam hal banyak jenis kanker. [3]

Detoksifikasi Tubuh Anda

Bersama dengan vitamin C, jus jeruk juga sangat tinggi vitamin A, yang bertindak sebagai antioksidan moderat. Di luar itu, ia mendetoksifikasi tubuh dengan meningkatkan fungsi ginjal. Vitamin A telah lama terhubung dengan kesehatan mata, dan menambahkan cukup Vitamin A untuk diet Anda dapat mencegah kebutaan di malam hari, serta degenerasi makula. [4] Satu porsi jus jeruk memiliki hampir 50% dari asupan harian yang dibutuhkan dari vitamin berharga ini.

Meningkatkan Sirkulasi Darah

Ada aspek jus jeruk yang sangat kuat lainnya isi folat. [5] Folat adalah anggota dari B kompleks, secara teknis itu adalah vitamin B9. Vitamin penting ini sangat penting untuk pembentukan DNA dan pertumbuhan sel-sel baru. Folat juga menjaga sel-sel agar tetap aman dari mutasi, yang merupakan salah satu cara radikal bebas merusak tubuh. Selanjutnya, folat memainkan peran dalam membangun sel darah merah baru, serta merangsang aliran darah ke ekstremitas. Ini berarti bahwa sistem organ teroksigenasi dengan baik dan bekerja dengan kapasitas penuh. Ini mendukung keseluruhan metabolisme tubuh dan fungsi semua sistem, membuatnya lebih efisien.

Mengurangi Peradangan

Buah jeruk umumnya dianggap anti-inflamasi agen, dan jus jeruk tidak terkecuali. Gula tinggi dan makanan tinggi lemak dapat menyebabkan radang berbagai bagian tubuh, dan ini, pada gilirannya, dapat menyebabkan perkembangan resistensi insulin yang meningkat. Ini adalah salah satu penyebab utama diabetes tipe 2 dan aterosklerosis. Penelitian telah menunjukkan bahwa jus jeruk dapat menghambat resistensi insulin ini dengan mengurangi peradangan, sehingga melindungi jantung dan menjamin secara keseluruhan kardiovaskular perlindungan. [6] Juga, mampu mengurangi kemungkinan terkena diabetes adalah bonus utama dari properti jus jeruk ini.

Menurunkan Tekanan Darah

Hesperidin, dalam jus jeruk, adalah antioksidan, yang berarti melindungi tubuh terhadap penyakit dan kanker, tetapi senyawa tanaman yang larut dalam air ini juga mempengaruhi aktivitas dan fungsi pembuluh darah kecil. Ini dapat memiliki dampak besar pada tekanan darah secara keseluruhan, dan penelitian telah menghubungkan antioksidan kuat ini dengan penurunan tekanan darah secara keseluruhan dan penurunan kemungkinan penyakit kardiovaskular. [7]orangejuiceinfo

Menyeimbangkan Tingkat Kolesterol

Tinggi kolesterol adalah salah satu berbahaya penyebab penyakit kardiovaskular, jadi cara apapun untuk mengurangi kolesterol dalam tubuh Anda patut dicoba. [8] Jus jeruk telah terbukti mengurangi keberadaan dan efek kolesterol "jahat" sambil meningkatkan jumlah kolesterol "baik" dalam tubuh. Properti ini berarti peluang aterosklerosis, serangan jantung, dan stroke berkurang.

Kata-kata Perhatian: Ini mungkin tampak seperti segelas jus jeruk segar adalah hal terbaik yang dapat Anda tambahkan ke diet Anda, dan dalam banyak kasus, itu benar. Namun, memiliki terlalu banyak hal yang baik bisa berbahaya. Jus jeruk, seperti jus kebanyakan buah jeruk, cukup asam, sehingga terlalu banyak cairan asam di dalam tubuh dapat mengganggu perut. Selain itu, karena jeruk memang memiliki kandungan glikemik yang relatif tinggi, banyak minum sekaligus dapat menyebabkan fluktuasi besar dalam kadar gula darah Anda, yang dapat menyebabkan tingkat energi yang bervariasi sepanjang hari, dan dapat menyebabkan komplikasi bagi penderita diabetes atau pra-diabetes. Akhirnya, jika Anda menginginkan manfaat lengkap jeruk, hindari jus jeruk dan makan jeruk itu sendiri. Itulah satu-satunya cara untuk mendapatkan jumlah serat yang bagus untuk meningkatkan pencernaan Anda; jus jeruk hampir tidak mengandung serat.

Selain sedikit peringatan itu, minumlah sepuas hati Anda; jus jeruk adalah cara sempurna untuk merasa segar dan membuat tubuh Anda sesuai dengan kesehatan yang sempurna!

FAQ Orange Juice

Apakah jus jeruk buruk untuk Anda?

Jus jeruk jelas tidak buruk untuk Anda, itulah mengapa minuman ini adalah salah satu minuman paling populer dan paling dicari di setiap meja sarapan. Tidak hanya jeruk yang tersedia di seluruh dunia, tetapi rasanya luar biasa dan jusnya sendiri penuh dengan nutrisi. Vitamin C adalah apa yang kebanyakan orang langsung pikirkan, tetapi jus jeruk juga menawarkan tingkat tinggi vitamin A, zat besi, kalsium, kalium, dan berbagai vitamin B-kompleks.

Berapa banyak kalori dan karbohidrat yang ada dalam jus jeruk?

Dalam porsi 250 gram jus jeruk, yang kira-kira satu cangkir, Anda memiliki lebih dari 110 kalori dan 26 gram karbohidrat. Anehnya, itu hampir 10% dari kebutuhan karbohidrat Anda untuk hari itu, terutama dalam bentuk gula alami. Sementara secangkir jus jeruk memberi Anda 200% dari vitamin C yang diperlukan, serta komponen mineral dan antioksidan tertentu, jangan konsumsi berlebihan karena gula akan membahayakan Anda!

Apakah jus jeruk sehat?

Jus jeruk sangat sehat, dan cara terbaik untuk memulai hari, tetapi ada tingkat tinggi gula alami dalam jus jeruk, sehingga orang-orang yang memiliki masalah gula darah atau diabetes harus waspada terhadap berapa banyak jus jeruk yang mereka minum. Namun, bagi kebanyakan orang, manfaat jus jeruk sangat penting, karena dapat meningkatkan kadar vitamin C, produksi kolagen dalam tubuh, melindungi sistem kekebalan tubuh, dan membantu membangun tulang yang kuat!

Apa itu konsentrat jus jeruk?

Konsentrat jus jeruk hanyalah bentuk "kering" dari jus jeruk. Jus jeruk, seperti banyak jus buah jeruk, mengandung banyak air. Dengan mengeluarkan air dari jus jeruk, sisa adalah bentuk terkonsentrasi nutrisi, vitamin, antioksidan, dan mineral yang dibutuhkan tubuh Anda! Jika Anda ingin membuat jus jeruk dari konsentrat, cukup tambahkan ke 5x air sebanyak-banyaknya dan aduk kembali.

Apa itu jus jeruk?

Jus jeruk adalah jus manis dan sedikit asam dari jeruk, yang mengandung nama ilmiah Citrus sinensis. Jeruk adalah beberapa buah yang paling populer dan banyak tersedia di dunia, seperti jus mereka. Ini memiliki tingkat vitamin C yang tinggi, serta vitamin A, kalsium dan zat besi, dan memberi Anda semburan energi di pagi hari. Jika Anda belum meminumnya, Anda harus mulai!

Vitamin apa yang ada di jus jeruk?

Jus jeruk merupakan sumber banyak vitamin. Pertama-tama, satu cangkir jus jeruk menyediakan lebih dari 200% kebutuhan tubuh akan vitamin C. Ini juga menyediakan 10% karbohidrat harian dari gula, yang memberi dorongan energik pada tubuh. Vitamin A dan vitamin B tertentu juga hadir dalam jus jeruk, seperti folat dan riboflavin. Selain vitamin, ada juga mineral dan antioksidan!

Apa yang dilakukan jus jeruk untuk Anda?

Jus jeruk melakukan sejumlah hal untuk kesehatan manusia, termasuk melindungi sistem kekebalan tubuh, merangsang produksi kolagen, meningkatkan kesehatan kulit, menurunkan tekanan darah, mencegah penyakit kronis, menyeimbangkan kadar hormon, dan mengoptimalkan kesehatan pencernaan, di antara banyak lainnya. . Vitamin C, zat besi, kalsium, dan vitamin A memiliki banyak pekerjaan penting untuk dilakukan di dalam tubuh, jadi dapatkan beberapa jus jeruk dan minumlah!

Sumber: https://www.organicfacts.net/health-benefits/beverage/orange-juice.html

Lainnya     , , , ,

Artikel Terkait "Top 7 Manfaat Mengesankan Jus Jeruk"


Minyak Mentega – Manfaat Kesehatan, Kegunaan, Sifat & Fakta Nutrisi
Minyak mentega adalah produk berminyak yang diperoleh dari mentega. Ini juga dikenal sebagai mentega. Ada banyak nama untuk mentega di seluruh dunia. Ghee adalah...

Minyak Kacang Mete – Manfaat Kesehatan, Kegunaan, Fakta Nutrisi, Efek Samping
Kacang mete adalah salah satu kacang yang paling dicintai di seluruh dunia. Terlepas dari kenyataan bahwa mereka adalah kacang paling populer ketiga dalam hal...

Fenugreek Oil – Penggunaan, Manfaat Kesehatan dan Fakta Gizi
Minyak fenugreek diperoleh dari biji fenugreek. Biji-biji ini cukup bergizi dan memiliki banyak manfaat kesehatan. Minyak biji fenugreek memiliki beberapa manfaat kesehatan yang sangat...

Minyak Esensial Rosewood – Kegunaan untuk Manfaat Rambut & Kulit, Properti & Kesehatan
Minyak esensial Rosewood tetap menjadi pokok dalam aromaterapi selama beberapa dekade. Ini adalah salah satu minyak esensial yang paling serbaguna karena digunakan untuk berbagai...

Minyak Jagung – Penggunaan, Manfaat Kesehatan, Fakta Nutrisi, Dosis & Efek Samping
Minyak jagung adalah minyak nabati yang sehat yang biasa kita gunakan dalam masakan kita, seperti minyak canola atau minyak safflower. Minyak jagung adalah minyak...

Minyak Brahmi – Kegunaan, Manfaat Kesehatan, Fakta Nutrisi & Efek Samping
Minyak Brahmi adalah ramuan herbal herbal Brahmi dalam minyak dasar apa pun. Sebenarnya, ada dua herbal yang dikenal sebagai Brahmi. Umumnya keduanya digunakan untuk...

Croton Oil – Kegunaan sebagai Kupas, Manfaat Kesehatan, Fakta Nutrisi, Efek Samping
Minyak puring adalah minyak yang berbahaya namun cukup berguna. Ini didapat dari tanaman berbunga Croton. Ini adalah minyak beracun, dan bisa mematikan. Hal ini...

Minyak Biji Semangka – Manfaat Kesehatan, Kegunaan, Nutrisi, Efek Samping
Minyak biji semangka adalah minyak yang sangat bergizi yang diperoleh dari biji semangka. Minyak biji ini telah diekstraksi menggunakan metode tradisional di Afrika Barat...

Minyak Ravensara – Penggunaan, Manfaat Kesehatan dan Fakta Gizi
Minyak atsiri Ravensara adalah minyak esensial yang relatif langka yang berasal dari pohon di Madagaskar. Namanya adalah Ravensara aromatica, tetapi juga dikenal sebagai Ravintsara....

Egyptian Musk Oil – Penggunaan untuk Parfum, Bahan-Bahan, dan Manfaat Kesehatan
Minyak musk Mesir adalah jenis khusus minyak musk, atau hanya musk yang berasal dari Mesir. Resep dan formulanya yang asli disebutkan dalam buku-buku Mesir...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *